Rabu, 03 Mei 2017
Proses
Pengambilan Keputusan Dalam Pembelian
- Pengertian Keputusan Pembeli
Pengertian
Keputusan Membeli Untuk mendapat gambaran mengenai keputusan membeli, berikut
ini akan dikemukakan definisi mengenai keputusan membeli menurut para ahli.
Menurut Kotler (2009) keputusan membeli yaitu: “beberapa tahapan yangdilakukan
oleh konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian suatu produk”.
Pengambilan
keputusan membeli adalah proses pengenalan masalah (problem recognition),
pencarian informasi, evaluasi (penilaian) dan seleksi dari alternatif produk,
seleksi saluran distribusi dan pelaksanaan keputusan terhadap produk yang akan
digunakan atau dibeli oleh konsumen (Munandar, 2001).
Menurut
Setiadi (2010) perilaku membeli mengandung makna yakni kegiatan-kegiatan
individu secara langsung terlibat dalam pertukaran uang dengan barang dan jasa
serta dalam proses pengambilan keputusan yang menentukan kegiatan tersebut.
Keputusan konsumen untuk membeli suatu produk selalu melibatkan aktivitas
secara fisik (berupa kegiatan langsung konsumen melalui tahapan-tahapan proses
pengambilan keputusan pembelian) dan aktivitas secara mental (yakni saat
konsumen menilai produk sesuai dengan kriteria tertentu yang ditetapkan oleh
individu). 12 Keputusan pembelian yang diambil oleh pembeli sebenarnya
merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan yang terorganisir.
- Proses – proses Keputusan Pembeli
Proses-proses
dalam Keputusan Membeli Menurut pemahaman yang paling umum, sebuah keputusan
adalah seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih. Berikut ini beberapa
pendapat ahli mengenai proses pengambilan keputusan membeli yang dilakukan
konsumen.
Menurut
Kotler (2009) terdapat lima proses keputusan pembelian yang dilalui oleh setiap
individu dalam melakukan pembelian, yaitu :
- Pengenalan kebutuhan Tahap awal
keputusan membeli, konsumen mengenali adanya masalah kebutuhan akan produk
yang akan dibeli. Konsumen merasa 13 adanya perbedaan antara keadaan nyata
dan keadaan yang di inginkan. Kebutuhan sangat dipicu oleh ransangan
internal (kebutuhan) dan eksternal (pengaruh pengguna produk serupa sesuai
kebutuhan).
- Pencarian informasi Tahap
keputusan pembelian yang dapat meransang konsumen untuk mencari informasi
lebih banyak. Konsumen mungkin hanya meningkatkan perhatian atau mungkin
aktif mencari informasi.
- Evaluasi alternatif Proses yang
dilakukan konsumen untuk menggunakan informasi yang didapat untuk
mengevaluasi alternatif yang ada, proses memilih produk yang akan dibeli.
- Keputusan pembelian Konsumen
merencanakan untuk membeli sebuah produk dan kemudian membeli produk
tertentu untuk pemenuhan kebutuhan.
- Tingkah laku pasca pembelian Tindak lanjut setelah membeli berdasarkan pada rasa puas atau tidaknya konsumen pada produk yang digunakannya.
- Model – model pengambilan
keputusan :
- Model Perilaku Pengambilan keputusan
- Model Ekonomi yang dikemukakan
oleh ahli ekonomi klasik dimana keputusan orang itu rasional, yaitu
berusaha mendapatkan keuntungan marginal sama dengan biaya marginal atau
untuk memperoleh keuntungan maksimum.
- Model Manusia Administrasi
Dikemukan oleh Herbert A. Simon dimana lebih berprinsip orang tidak
menginginkan maksimalisasi tetapi cukup keuntungan yang memuaskan.
- Model Manusia Mobicentrik
Dikemukakan oleh Jennings, dimana perubahan merupakan nilai utama sehingga
orang harus selalu bergerak bebas mengambil keputusan.
- Model Manusia Organisasi
Dikemukakan oleh W.F. Whyte, model ini lebih mengedepankan sifat setia dan
penuh kerjasama dalam pengambilan keputusan.
- Model Pengusaha Baru
Dikemukakan oleh Wright Mills menekankan pada sifat kompetitif.
- Model Sosial Dikemukakan oleh Freud Veblen dimana menurutnya orang seringb tidak rasional dalam mengambil keputusan diliputi perasaan emosi dan situsai dibawah sadar.
- Model Preskriptif dan Deskriptif
Fisher
mengemukakan bahwa pada hakekatnya ada 2 model pengambilan keputusan, yaitu:
ü Model Preskriptif Pemberian resep
perbaikan, model ini menerangkan bagaimana kelompok seharusnya mengambil
keputusan.
ü Model Deskriptif Model ini
menerangkan bagaimana kelompok mengambil keputusan tertentu.
- Teknik-teknik Pengambilan
Keputusan
- Teknik Kreatif
- Brainstorming Berusaha untuk
menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan
memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan ide-idenya.
- Synectics Didasarkan pada
asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan
untuk meningktakan keluaran (output) kreatif individual dan kelompok
- Teknik Partisipatif
Individu
individu atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan.
v Teknik Modern
v Teknik Delphi
v Teknik Kelompok Nominal
- Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Pemecahan
Konsumen
menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit
usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen
ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi jangkauan pemecahan masalah :
1.Alternatif-alternatif
dibedakan dengan cara yang relevan, misalnya pembelian rumah,
alternatif
pemilihan adalah lingkungan rumah (bersih, tidak banjir, dekat kota atau
mudah
transportasi), bahan baku, harga (cicilan rendah dan lama).
2.Tersedia
waktu yang memadai untuk pertimbangan yang mendalam untuk membeli produk.
3.Terdapat
tingkat keterlibatan (relevansi pribadi) yang tinggi yang menyertai
pembelian.
Terdapat 5
faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
1. Motivasi
(motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai
tujuan tertentu.
2. Persepsi
(perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau
kejadian
yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap
rangsangan
tersebut.
3. Pembentukan
sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri
seseorang
yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4. Integrasi
(integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.Integrasi
merupakan
respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang
untuk
membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak
membeli
produk tersebut.
5. Pembelajaran
(learning) merupakan proses belajar yang dilakukan seseorang setelah
membeli
produk tersebut dengan melihat apakah produk tersebut memiliki kegunaan dan
akan
dijadikan sebagai alternatif dalam pembelian selanjutnya.
- Struktur Keputusan Membeli
Struktur
keputusan membeli penting,karena sesudah menetukan kebutuhan dan mempunyai
keinginan akan produk tertentu, konsumen diharapkan untuk memunculkan keputusan
untuk membeli. Ada tujuh struktur keputusan membeli yang mempengaruhi konsumen:
- Keputusan tentang jenis produk
Konsumen
dapat memutuskan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk X atau tujuan
lain selain melakukan pembelian. Para pemasar harus memusatkan perhatian pada
konsumen yang diharapkan memutuskan untuk untuk membeli produk X dari
alternatif lain yang mereka pertimbangkan uangnya untuk membeli komputer atau
keperluan lain (membeli kamera, pakaian, dan buku).
- keputusan tentang jenis produk
Konsumen
memutuskan untuk membeli produk X dengan bentuk tertentu (ukuran, mutu,
corak,dan sebagainya). Perusahaan harus menggunakan riset pemasaran untuk
mengetahui kesukaan konsumen (untuk memaksimumkan daya tarik merk produk X,
misalnya mahasiswa tersebut menentukan karakteristik dari komputer yang
diinginkan yaitu laptop, Pentium 120, kemampuan memproses cepat, fasilitas
lengkap (baterai, CD drive, mouse).
- keputusan tentang merek
Konsumen
memutuskan merk yang akan diambil. Perusahaan harus mengetahui bagaimana
konsumen memilih sebuah merk. Misalnya berdasarkan informasi yang dihimpun,
mahasiswa tersebut memilih untuk mendapatkan komputer merk acer.
- keputusan tentang penjualan
Konsumen
memutuskan dimana akan membeli (toko serba ada, elektronik, toko khusus dan
lain-lain, perusahaan ( termasuk pedagang besar, pengecer) Harus mengetahui
bagaimana konsumen memilih penjual tertentu. Misalnya mahasiswa tersebut
mempunyai pilihan membeli di toko elektronik, toko khusus komputer atau agen
tertentu. Disamping pertimbangan harga, ia mempertimbangkan pula layanan yang
didapat baik pada waktu membeli layanan purna jual.
- Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen
memutuskan jumlah produk yang akan dibeli. Perusahaan harus mempertimbangkan
banyaknya produk tersedia untuk konsumen sesuai keinginan konsumen yang
berbeda-beda.
- keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen
memutuskan kapan harus membeli (kapan uang/kesempatan tersedia). Perusahaan
harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam penentuan waktu
pembelian, yang juga mempengaruhi perusahaan dalam mengatur waktu produksi,
pemesanan, periklanan dan sebagainya.
- Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen
memutuskan mode pembelanjaan yang disukainya, perusahaan harus mengetahui hal
ini yang akan mempengaruhi dalam penawaran pembayaran (discount untuk tunai,
kemudahan kredit, bunga rendah, dan lain-lain).
Kesimpulan :
Jadi yang
dimaksud dengan pengambilan keputusan dalam pembelian adalah sebuah proses
pengenalan masalah, pencarian informasi, atau seleksi terhadap dua alternatif
atau lebih dari sebuah produk. Proses dalam keputusan membeli menurut kotler
ada lima, Pengenalan kebutuhan Tahap awal keputusan membeli, Pencarian
informasi Tahap keputusan pembelian, Evaluasi alternative, Keputusan pembelian
dan Tingkah laku pasca pembelian.
Model
pengambilan keputusan dibagi atas dua model. Yang pertama model perilaku
pengambilan keputusan dan yang ke dua model preskriptif dan deskriptif.
Sedangkan untuk teknik-teknik pengambilan keputusan ada dua teknik, Teknik
kreatif yaitu berusaha untuk mendapatkan kreatifitas maksimal dari kelompok
dengan mendengarkan ide-ide dari aonggotanya, teknik partisipatif yaitu dengan
melibatkan atau ikut berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. Pada
struktur keputusan untuk membeli itu sangat penting karena konsumen sudah
menentukan kebutuhan dan mempunyai keinginan akan suatu produk tertentu dan
diharapkan dapat memicu keputusan konsumen untuk membeli.
Sumber :
- http://sheilynurfajriah.blogspot.co.id/2012/10/proses-pengambilan-keputusan.html
- https://yogicogil.wordpress.com/2015/11/21/proses-pengambilan-keputusan-dalam-pembelian-soft-skill/