Selasa, 11 Oktober 2016
Sejarah
Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun beroperasi di pasar Indonesia,
PT XL Axiata Tbk. (¿XL¿) merupakan salah satu penyedia layanan seluler
terkemuka di Indonesia. Saat ini, XL dipandang sebagai salah satu penyedia
layanan seluler untuk Data dan Teleponi terkemuka di Indonesia.
XL memulai usaha sebagai perusahaan dagang dan jasa umum pada tanggal 6
Oktober 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari. Pada tahun 1996, XL
memasuki sektor telekomunikasi setelah mendapatkan izin operasi GSM 900 dan
secara resmi meluncurkan layanan GSM. Dengan demikian, XL menjadi perusahaan
swasta pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler.
Di kemudian hari, melalui perjanjian kerjasama dengan Grup Rajawali dan
tiga investor asing (NYNEX, AIF dan Mitsui), nama Perseroan diubah menjadi PT
Excelcomindo Pratama.
Pada September 2005, XL melakukan Penawaran Saham Perdana (IPO) dan
mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang sekarang dikenal sebagai
Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada saat itu, XL merupakan anak perusahaan Indocel
Holding Sdn. Bhd., yang sekarang dikenal sebagai Axiata Investments (Indonesia)
Sdn. Bhd., yang seluruh sahamnya dimiliki oleh TM International Sdn. Bhd.
(¿TMI¿) melalui TM International (L) Limited. Pada tahun 2009, TMI berganti
nama menjadi Axiata Group Berhad (¿Axiata¿) dan di tahun yang sama PT
Excelcomindo Pratama Tbk. berganti nama menjadi PT XL Axiata Tbk. untuk
kepentingan sinergi.
Saat ini, mayoritas saham XL dimiliki oleh Axiata melalui Axiata
Investments (Indonesia) Sdn. Bhd (66,43 persen) dan sisanya dipegang oleh
publik (33,57 persen).
Struktur Organisasi
Strategi
perusahaan PT XL Axiata.TBk
Kami
telah mengidentifikasi dan menyadari bahwa Indonesia sedang menuju ke gaya
hidup digital. Sebagai
upaya untuk berada pada ujung tombak perkembangan ini dan melalui kekuatan kami
dalam pelaksanaan, XL terus melangsungkan inisiatif transformasi yang fokus
pada peralihan ke Data, peningkatan kualitas layanan, mengintensifkan program
untuk meningkatkan retensi pelanggan, dan memperkuat brand positioning. Semua
ini ditujukan untuk menyediakan suatu pengalaman digital yang lengkap,
menyenangkan dan nyaman bagi pelanggan kami. Dengan perubahan yang terus
menerus dalam perilaku konsumen menuju gaya hidup digital dimana Data adalah
bagian tak terpisahkan, XL berada pada posisi yang sangat baik untuk memenuhi
tuntutan tersebut.
Budaya Kerja
XL adalah salah satu perusahaan
telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak
8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan
yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer
Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions).
Budaya Kinerja
Tinggi
Tak ada apresiasi setengah hati bagi mereka yang
berkontribusi maksimal. XL selalu mendukung penuh setiap pribadi yang ingin
berprestasi untuk kemajuan bersama.
Career Management
Kami memperhatikan banyak hal yang bagi
kebanyakan mata terlewati untuk dicermati. XL memiliki sistem yang terbukti
memberikan ruang dan pendorong bagi pertumbuhan karir untuk masa depan
karyawannya.
People Achievement
Lebih dekat dengan
pelanggan adalah dengan mengetahui kebutuhan mereka. XL memberdayakan informasi
ini sebagai cara untuk memberikan solusi komunikasi pasti. Menjadikan XL
sebagai penyedia jasa seluler yang memiliki follower Twitter terbanyak.
Innovations
Kami selalu bersemangat untuk merebut
hati setiap pelanggaan. Dengan berbagai program yang inovatif, XL membuktikan
komitmennya sebagai penyedia layanan seluler terdepan di Indonesia.